Katalogisasi Monograf Buku Perpustakaan

Berikut ini adalah berkas dan paparan mengenai Katalogisasi Monograf Buku Perpustakaan. Download file format .pptx Microsoft PowerPoint, .docx Microsoft Word dan PDF.

Katalogisasi Monograf Buku Perpustakaan
Katalogisasi Monograf Buku Perpustakaan

Katalogisasi Monograf Buku Perpustakaan

Berikut ini salah satu kutipan teks dari isi berkas dan paparan mengenai Katalogisasi Monograf Buku Perpustakaan:

Pengertian
Dalam pengertian umum katalog dikatakan sebagai daftar. Sedangkan menurut terminologi perpustakaan bahwa katalog perpustakaan adalah daftar buku atau bahan pustaka lain (non books material) yang berada di perpustakaan yang disusun dan disusun menurut suatu sistem tertentu sehingga dapat memudahkan pemakai perpustakaan (users/pemustaka) dalam mencari informasi. Sedangkan istilah katalogisasi berasal dari kata dasar katalog dan akhiran sasi. Akhiran sasi menunjukkan suatu kegiatan atau proses. Dengan demikian dapat diartikan bahwa katalogisasi adalah merupakan suatu proses atau kegiatan pembuatan katalog (deskripsi bibliografis).

Fungsi katalog
  1. Memudahkan pemakai perpustakaan untk menemukan informasi yang mereka cari secara mudah, cepat dan tepat
  2. Memudahkan baik bagi pemakai maupun petugas perpustakaan untuk pengambilan dan penempatan kembali bahan pustaka tersebut
  3. Dapat diketahui secara fisik bahan pustaka tersebut, misalnya: jilid, jumlah halaman dan ukuran bahan pustaka tersebut
  4. Azas keseragaman yatu dapat dipakai untuk kerjasama antar perpustakaan (jaringan informasi) dengan cara tukar menukar informasi hal ini karena dalam penulisan deskripsi bibliografis dari perpustakaan manapun mempunyai bentuk yangv standar (sama)
  5. Dapat diketahui jumlah koleksi yang dimiliki perpustakaan karena dalam katalog terdapat nomor induknya (accession numbernya)

Bentuk fisik katalog
Pada dasarnya bentuk fisik katalog terdiri dari berbagai macam, sedangkan penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perpustakaan.
Adapun jenisnya dapat dirinci sebagai berikut :
a. Katalog buku
Katalog buku ini merupakan katalog yang terbua dari lelmbaran-lembaran lepas yang disusun secara sistematis (berdasar sistem tertentu) yang kemudian dijilid menjadi satu dan berbentuk buku. Bentuk katalog semacam itu merupakan bentuk pertama kali yang dikenal masyarakat sebelum diketumukan katalog bentuk lain. Bentuk semacam itu kurang banyak menguntungkan karena kalau ada tambahan buku baru otomatis akan dibuatkan katalog baru sehingga hal ini akan menyulitkan dalam penyususnan kartu katalognya. Oleh karena itu katalog dalam bentuk buku ini dalam batas-batas tertentu sudah mulai ditinggalkan.Namun demikian masih sering digunakan untuk pembuatan laoran tamabahan koleksi/ buku (accession list).

b. Katalog kartu
Katalog tersebut memakai media kartu yang mempunyai ukuran standard international yaitu 12,5 x 7,5 cm, pada bagian bawah terdapat lubang kecil yang fungsinya untuk memasukkan kawat sebagai pengunci agar katalog tersebut tidak berserakan atau diambil/ dicabut begitu saja oleh pemakai perpustakaan 

c. Katalog komputer / katalog berkas
Bentuk katalog yang ditransformasikan dalam format yang dibuat untuk kepentingan komputer atau yang disebut dengan OPAK (Online Public Access Catalog). Apabila katalog tersebut disimpan dalam data base komputer maka dapat dipakai untuk penelusuran informasi informasi (searching) secara mudah, cepat dan tepat.

Jenis katalog
Katalog dapat dibagi menurut jenisnya hal ini dipakai untuk kepentingan penelusuran informasi, jenis tersebut antara lain :
a. Katalog pengarang
Katalog pengarang merupakan katalog yang disusun berdasarkan alphabetis nama pengarang, sehingga apabila pemakai perpustakaan hanya mengetahui nama pengarangnya saja, maka mereka dapat menelusur melalui nama pengarang yang dimaksud sehingga mereka dapat memperoleh beberapa informasi tentang bermacam-macam judul buku apa saja yang dikarang oleh orang tersebut.

b. Katalog judul
Katalog yang disusun berdasarkan alphabetis judul

c. Katalog subyek
Katalog yang disusun berdasarkan alpabetis subyek

d. Katalog numerik/shelf list katalog
Dikatakan katalog numerik karena katalog tersebut disusun berdasarkan pada urutan nomor klasifikasi, atau juga dinamakan katalog shlf list adalah katalog yang susunannya didasarkan persis seperti susunan pada jajaran buku di rak.

    Download Berkas dan Paparan Mengenai Katalogisasi Monograf Buku Perpustakaan

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas dan paparan mengenai Katalogisasi Monograf Buku Perpustakaan ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:





    Download File:

    Katalogisasi Monograf Buku Perpustakaan.pdf
    Katalogisasi Monograf Buku Perpustakaan (Materi DIKLAT KPS PERPUS 2017).pptx


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file berkas dan paparan mengenai Katalogisasi Monograf Buku Perpustakaan. Semoga bisa bermanfaat.

    Lihat juga beberapa informasi dan berkas dengan kategori Perpustakaan lainnya di bawah ini.


    Comments