INI DIA CAPAIAN TERBESAR KEMENDIKBUD DI ERA PRESIDEN JOKOWI

SUARAPGRI - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy membeberkan beberapa capaian pemajuan kebudayaan sebagai bentuk kerja bersama pemerintah dan para pemangku kepentingan.

"Setelah sekian lama, akhirnya kita memiliki UU Pemajuan Kebudayaan. Ini salah satu capaian terbesar Kemendikbud selama tiga tahun era kepemimpinan Presiden Jokowi," ujar Menteri Muhadjir di Jakarta, belum lama ini.


Dengan adanya undang-undang tersebut, menurut Muhadjir Effendy, bisa mempercepat upaya pemerintah untuk menghidupkan, menggelorakan, melestarikan, serta mengembangkan kebudayaan nasional Indonesia. Menurutnya, kebudayaan berperan penting dalam pembangunan nasional.

"Kami harapkan kebudayaan bisa segera menjadi ruh dan fondasi pembangunan nasional yang berkelanjutan," tuturnya.

Selain itu juga, guru besar Universitas Negeri Malang ini meyakini kebudayaan bisa berperan untuk memperkuat dan mempererat kebinekaan.

"Saat ini kami sedang membahas turunan dari undang-undang ini. Akan ada sekitar 29 peraturan pemerintah dan peraturan menteri sebagai turunan undang-undang ini," pungkasnya.

Beberapa pokok pemajuan kebudayaan yang segera diatur pemerintah di antaranya terkait dengan: Pelaksanaan Pemajuan Kebudayaan; Rencana Induk Pemajuan Kebudayaan; Penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan dan Strategi Kebudayaan; Sistem Pendataan Kebudayaan Terpadu; Penghargaan, Fasilitasi, dan Insentif; serta, Izin Pemanfaatan Objek Kebudayaan oleh Industri Besar dan Pihak Asing. (sumber: jpnn.com)

Comments