Unduh Contoh Format Model Jadwal PTS (Penilaian Tengah Semester) Kurikulum 2013 Untuk SD

Salam dunia pendidikan. Kali ini kami akan membagikan sebuah Contoh Format Model Jadwal PTS (Penilaian Tengah Semester) Kurikulum 2013 Untuk SD untuk anda, yang mungkin bisa membantu anda untuk memudahkan pekerjaan, dan semoga bermanfaat.

Sistem pendidikan di Indonesia sekarang ini menggunakan sistwm Kurikulum 2013 atau biasa disingkat dengan K13 atau kurtilas memang memberikan warna yang berbeda dalam kancah pendidikan di Indonesia jika dibandingkan dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada beberapa tahun sebelumnya.
Karena mempunyai model yang berbeda, tentu dalam hal tes materi akhir maupun tengah (UTS/UAS) tentu pelaksanaannya juga sedikti berbeda dalam hal Jadwalnya.
Istilah UTS/UAS menjadi PTS/PAS (Penilaian Akhir Semester / Penilaian Akhir Semester)
Jadwal Penilaian Tengah Semester yang sebentar lagi akan kita laksanakan, maka setiap guru/kepala sekolah tentu disibukkan dengan pembuatan administrasi termasuk jadwal PTS tersebut.

Penyusunan Jadwal PTS dan PAS

Berikut ini contoh penjadwalan PTS dan PAS, pendidik dapat menyusun sesuai dengan kalender pendidikan sekolah.
Contoh Jadwal PTS
Penilaian tengah semester dilaksanakan setelah pembelajaran Tema 1 dan Tema
2 selesai (untuk kelas I) atau setelah Pembelajaran Tema 1, Tema 2, dan Tema
3 selesai (untuk kelas IV). Sebelum menyusun soal-soal tes tertulis, guru perlu membuat kisi-kisi soal. Apabila tes tertulis untuk KD satu mata/muatan pelajaran, soal-soal dibuat per mata/muatan pelajaran. Soal-soal tes tertulis dapat juga
dibuat terpadu untuk beberapa muatan pelajaran.
Pelaksanaan penilaian tengah semester diatur sesuai jadwal berdasarkan tema dan muatan pelajaran. Contoh jadwal penilaian tengah semester adalah sebagai berikut.
Untuk Kelas 1, 2, 3


Untuk hal tersebut kami ingin berbagi Format Model Jadwal PTS untuk tingkat SD/MI Kurikulum 2013 pada Tahun Ajaran 20…/20… sekarang ini.
Berikut ini gambaran modelnya
Untuk Kelas 4, 5, 6


Jikalau memerlukannya, silahkan download link di bawah ini :
Keterangan:
  1. Soal Ujian Tengah Semester 1 mencakup Tema 1 dan Tema 2 (penilaian ranah kognitif/KI-3), dengan setiap Tema memiliki 3 Subtema maka selama 1 minggu waktu pelaksanaan akan terdapat 6 soal ujian meliputi Tema 1 Subtema (1 – 3)   s/d Tema 2 Subtema (1 – 3).
  2. Soal Ujian terdiri dari 2 jenis bentuk soal, yakni soal isian sebanyak 10 item (No 1 - 10) dan soal uraian sebanyak 5 item (No 1 – 5).
  3. Untuk soal isian dengan jumlah 10 item; rinciannya adalah mencakup 2 soal untuk setiap muatan Pelajaran PKn, IPS, BI, IPA, dan Mtk.
  4. Untuk soal uraian dengan 5 item; rinciannya adalah mencakup 1 soal untuk setiap muatan pelajaran PKn, IPS, BI, IPA, dan Mtk.
  5. Bentuk soal terlampir dalam lembaran tersendiri.
Sebagai acuan Bapak dan Ibu Guru kami sediakan panduan penilaian Kurikulum 2013 Sekolah Dasar yang isi nya ada tentang Penyusunan Jadwal PTS.
Jadwal UTS kelas 1-3

Jadwal PTS Kelas 4-6

Download bukunya di bawah ini.
Terimakasih sudah berkunjung di bloog admin semoga semua yang kami sediakan dibloog ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua sekian dan wassalam wr wb.

Comments