Juknis Aplikasi Pra Kondisi PLPG Sertifikasi Guru Terbaru 2017


Sertifikasi guru tahun 2017 dilaksanakan melalui PLPG bagi guru yang diangkat sebelum tahun 2016. PLPG merupakan kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi guru yang dilaksanakan kurang lebih selama 10 hari. PLPG dilaksanakan oleh perguruaan tinggi atau LPTK yang ditunjuk oleh Kemendikbud. Jadwal PLPG tahun 2017 dilaksanakan mulai 1 Agustus sampai 30 November 2017


Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menerbitkan panduan atau petunjuk teknis (juknis) aplikasi bagi peserta sertifikasi guru. Aplikasi pra kondisi ini digunakan untuk pembekalan sertifikasi guru melalui pola pendidikan dan pelatihan profesi guru (PLPG) tahun 2017.

Pra kondisi PLPG atau pembekalan awal PLPG merupakan rangkaian kegiatan yang harus diikuti oleh seluruh peserta sertifikasi guru (sergur) melalui PLPG tahun 2017. Pembekalan awal PLPG ini dilaksanakan dengan tujuan agar para guru lebih siap dalam mengikuti PLPG tahun 2017.

Di pembekalan awal PLPG, peserta mempelajari dua sumber belajar yaitu: sumber belajar pedagogik dan sumber belajar bidang studi sesuai yang diampu. Pembekalan dilaksanakan selama 3 bulan, di mana setiap peserta mempunyai kewajiban untuk membuat laporan kemajuan sebanyak 4 kali.

Nilai akhir pra kondisi PLPG merupakan akumulasi dari 30% skor proses, 30% skor laporan, dan 40% skor presentasi laporan. Setiap rombel pembekalan awal PLPG, rata-rata terdiri dari 10 orang peserta, dan setiap rombel difasilitasi oleh 1 orang mentor. Untuk bahan ajar guru dapat mengunduhnya di http://sertifikasiguru.id.

Pembekalan awal PLPG dilaksanakan secara daring (online) pada alamat https://ksg.kemdikbud.go.id/pembekalan. Menu pada aplikasi, terdiri dari 3 (tiga) bagian yaitu: 1) Menu untuk Mentor; 2) Menu untuk Guru; dan 3) Menu untuk Admin ASG LPTK. 

Untuk lebih jelasnya mengenai Petunjuk teknis (juknis) pra kondisi PLPG atau pembekalan awal PLPG tahun 2017 silahkan dapat diunduh pada link berikut ini : 

Download Petunjuk teknis (juknis) pra kondisi PLPG atau pembekalan awal PLPG tahun 2017

Sumber : sekolahdasar.net

Baca juga : Pedoman Penetapan Sertifikasi Guru Terbaru Tahun 2017

Comments