Download KI dan KD Matematika Kurikulum 2013 Jenjang SD/MI


Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan  KI dan KD Matematika Kurikulum 2013 Jenjang SD/MI.

Selengkapnya silahkan dapat langsung disimak dan diunduh dibawah ini.


Mata pelajaran Matematika di jenjang SD/MI pada Kurikulum 2013 (K13) terpisah dari pemebelajaran tematik. Ini berdasarkan keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan (Permendikbud) tentang penetapan judul buku teks pelajaran Matematika yang tertuang dalam Permendikbud No. 24 tahun 2016 pada Bab I pasal 1 item 3.

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi inti (KI), yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”.

Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Untuk lebih jelasnya mengenai KI dan KD Matematika Kurikulum 2013 Jenjang SD/MI silahkan diunduh pada link berikut :


Sumber : sekolahdasar.net

Comments