Senin, 27 November 2017

JAGA KESEHATAN, ADA WACANA 8 PENYAKIT INI TAK LAGI DITANGGUNG BPJS KESEHATAN

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Salam Sejahtera

Demi menyelenggarakan jaminan kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia, maka pemerintah pun membuat program BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) yang beroperasi sejak Januari 2014. 

Nampaknya, program ini membuat terjadinya defisit anggaran BPJS Kesehatan yang diperkirakan mencapai hingga Rp 9 triliun tahun ini. Kasus defisit ini pun membuat BPJS berencana untuk tak lagi menanggung beberapa jenis penyakit katastropik. Apa saja?

Hasil gambar untuk 8 penyakit yang tak ditanggung BPJS
Gambar Ilustrasi

Penyakit jantung
Penyakit jantung terjadi karena pembuluh darah utama yang bertugas untuk menyuplai darah ke jantung mengalami kerusakan. Biasanya, tumpukan kolesterol jahat dan peradangan dalam pembuluh darah jadi penyebabnya. Saat jantung tak mendapatkan suplai darah secara maksimal, maka suplai oksigen juga terganggu. Sehingga penyebabkan sesak, nyeri, dan tak berfungsinya organ vital lainnya dengan normal.

Penyakit gagal ginjal
Ginjal adalah organ vital tubuh yang mempunyai fungsi utama untuk menyaring racun dan kelebihan cairan lewat darah. Ketika darah mengandung terlalu banyak kotoran, maka terjadi penumpukan limbah yang membahayakan tubuh. Umumnya penyakit gagal ginjal tak menunjukkan gejala di awal. Sehingga seseorang yang terkena penyakit ini biasanya sudah mencapai stadium lanjut.

Penyakit kanker
Penyakit ini terjadi saat sel-sel abnormal tubuh membelah secara tak terkendali dan kemudian menghancurkan jaringan tubuh sehat lainnya. Kanker sendiri bisa mengenai organ tubuh mana saja sehingga muncul penyakit kanker payudara, kanker paru-paru, kanker kulit, dan lain sebagainya.

Penyakit stroke
Stroke adalah serangan otak yang terjadi mendadak akibat tersumbat atau pecahnya pembuluh darah otak. Umumnya, lemak jahatlah yang jadi penyebabnya. Ketika otak jadi rusak maka secara otomatis fungsi dan koordinasi seluruh organ serta sistem tubuh akan terganggu.

Penyakit sirosis hati
Kerusakan hati dalam jangka panjang mampu menimbulkan terbentuknya jaringan parut yang kemudian menggantikan jaringan sehat hati. Akibat adanya jaringan parut ini bisa mengganggu kinerja hati. Kerusakan karena sirosis tidak bisa diperbaiki yang membuat hati tak berfungsi yang kemudian dikenal dengan istilah gagal hati.

Penyakit thalassemia
Thalassemia termasuk golongan penyakit kelainan darah yang membuat protein dalam sel darah merah (hemoglobin) tak berfungsi dengan baik. Umumnya thalassemia adalah penyakit keturunan. Hemoglobin sendiri bertugas untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga bisa dikatakan bahwa kandungan oksigen di penderita thalassemia sangatlah rendah.

Penyakit leukimia
Leukimia adalah nama lain dari penyakit kanker jaringan pembentuk darah. Karena darah memiliki banyak fungsi vital untuk kesehatan tubuh, maka saat jaringan ini terganggu, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi pun menurun.

Penyakit hemofilia
Hemofilia adalah gangguan darah yang membuat darah jadi sulit membeku sehingga luka akan berlangsung lebih lama. Hal ini terjadi karena protein yang menjadi faktor pembeku darah membentuk jaring penahan di sekitar trombosit (sel darah) sehingga bisa membekukan darah dan pada akhirnya berhenti perdarahan. Namun pada penderita hemofilia, proses ini tidak berlangsung.

Datangnya penyakit memang tidak bisa diprediksi. Namun, jika kamu berkomitmen untuk selalu menjaga kesehatan, maka kamu bisa terhindar dari serangan penyakit di atas. 

Sumber : merdeka.com

Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Me

Popular Posts